PROPOSAL USAHA
“AR-RAUDHOH SALON MUSLIMAH”
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah
KEWIRAUSAHAAN
Disusun oleh:
Arraudhotu Aliyatul Ula
NIM: 201511285
Kelas: 4 D
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
TAHUN 2016/2017
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, serta hidayah-Nya, sehingga penulis mampu menyelesaikan
Proposal Usaha ini dengan baik dan sesuai waktu
yang telah ditentukan.
Penulisan
proposal ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah Kewirausahaan di Universitas Muria Kudus Jurusan Manajemen.
Dalam memenuhi persyaratan tersebut penulis mencoba membuat
Proposal yang berjudul “Proposal Usaha Ar-Raudhoh Salon Muslimah”.
Dalam menyusun proposal ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, sebab pengetahuan dan pengalaman
yang dimiliki penulis terbatas, cukup banyak tantangan dan hambatan yang penulis temukan dalam menyusun proposal ini. Oleh karena itu, kritik dan
saran akan sangat membantu untuk melengkapi
proposal ini menjadi lebih baik lagi.
Akhir
kata, semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Penulis
Kudus, 25 Maret 2017
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................................................... ii
ABSTRAK............................................................................................................................ iii
BAB I: PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang................................................................................................................. 1
1.2.Konsep Usaha.................................................................................................................. 2
1.3.Visi, Misi, dan Tujuan Usaha........................................................................................... 2
BAB II: PROFIL USAHA
2.1.Nama
Usaha..................................................................................................................... 4
2.2.Lokasi Usaha................................................................................................................... 4
BAB III: STRUKTUR ORGANISASI................................................................................ 5
BAB IV: PRODUK USAHA
4.1.Produk............................................................................................................................. 7
BAB V: ASPEK PEMASARAN
5.1.Target
dan SegmentasiPasar............................................................................................ 9
5.2.Kompetitor....................................................................................................................... 11
5.3.Rencana Penjualan........................................................................................................... 12
BAB VI: RENCANA KEUANGAN
6.1.Estimasi
Biya................................................................................................................... 14
6.2.Proyeksi
Pendapatan........................................................................................................ 16
6.3.Proyeksi Laba Rugi.......................................................................................................... 17
BAB VII: PENUTUP
7.1.Kesimpulan...................................................................................................................... 20
7.2.Potensi Usaha.................................................................................................................. 20
BAB VIII: Lampiran............................................................................................................. 21
ABSTRAK
Salon muslimah merupakan salon yang menawarkan berbagai pelayanan yang sama dengan salon kecantikan seperti biasanya namun dengan prinsip
yang sedikit berbeda yaitu dengan menerapkan prinsip syari’at Islam. Kebutuhan untuk tampil cantik dalam agama Islam dianjurkan dengan niat yang lurus tanpa menimbulkan nafsu bagi kaum lelaki. Selain untuk kecantikan, salon ini
juga mengingatkan akan kesehatan yang menjadi prioritas. Salon muslimah ini hanya diperuntukkan kepada wanita muslimah pada khususnya dan wanita pada umumnya. Salon muslimah ini membantu wanita muslimah yang kesulitan mencari salon khusus wanita, tanpa berbaur dengan lelaki. Dengan begitu para wanita muslimah merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan tanpa takut melanggar syari’at Islam. Salon muslimah ini akan diberi nama “Ar-Raudhoh Salon Muslimah”.
Usaha bisnis Ar-Raudhoh Salon
Muslimah ini mempunyai prospek yang sangat baik, peneliti kecantikan dan kesehatan juga tidak meragukannya lagi bahkan untuk beberapa tahun kedepan. Dikarenakan semua wanita ingin selalu tampil cantik, khususnya bagi muslimah mengingat negara Indonesia
merupakan Negara dengan penduduk mayoritas agama Islam. Harapan
kami yaitu semoga banyak orang yang
terinspirasi dengan adanyaAr-Raudhoh Salon
Muslimah, sehingga mampu menciptakan usaha yang unik sekaligus kreatif yang dibutuhkan banyak orang serta dapat membuka lapangan kerja baru, baik dalam industri yang sama maupun industri yang lain.
Kata kunci: Salon, muslimah, kecantikan.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Islam merupakan agama yang
memperhatikan kebersihan dan keindahan. Hal inisesuai dengan hadist Nabi
Muhammad SAW yang berbunyi: “Kebersihan itu sebagian dariiman”. Oleh karena itu
seorang muslimah yang menyandarkan dirinya kepada agama muliaini selayaknya
tidak meremehkan urusan tersebut. Muslimah yang menjaga kebersihan dankeindahan
dirinya melalui jalan yang syariah akan meraih ridha Allah dan sekaligus
ridhasuami.
Salah satu usaha jasa yang dapat
mengakomomodir akan kebutuhan kaum muslimahdalam usaha menjaga kebersihan dan
keindahan dirinya yang sesuai dengan tuntunan syariahadalah salon yang
berkonsep syariah atau salon muslimah. Salon muslimah adalah salonyang
memberikan jasa pelayanan perawatan kecantikan kaum muslimah
denganmengedepankan tuntunan syari’ah, diantaranya adalah produk kosmetik yang
digunakanhalal dan pelayanan yang tidak melanggar tuntunan syar’i.
Kebutuhan
untuk tampil cantik dalam agama Islam dianjurkan dengan niat yang lurus tanpa
menimbulkan nafsu bagi kaum lelaki. Cantik wajah dan kulit dari dalam terpancar
dari aura masing-masing wanita termasuk didalamnya wanita Muslimah. Namun bagi
kaum wanita cantik dari luar juga sangat diperlukan bahkan sudah menjadi suatu
kebutuhan bagi wanita, termasuk muslimah baik remaja maupun dewasa.
Untuk
saat ini memang tidak semua salon mampu memenuhi kebutuhan perawatan yang
diinginkan bagi kaum muslimah. Demikian juga, mayoritas kaum muslimah yang
menginginkan kenyamanan untuk mendapatkan perawatan kecantikan dalam situasi
yang nyaman tanpa berbaur dengan kaum lelakiyang menjadi hal penting atau
pertimbangan besar bagi kaum muslimah sesuai dengan keyakinan masing-masing.
Dari
sisi kesehatan juga banyak manfaatnya, yaitu dapat membantu merawat rambut yang
selalu tertutup dengan hijab yang setiap harinya rambut terasa pengap dan sulit
bernafas setelah seharian terkena sinar matahari. Banyak wanita yang merasa
kesulitan mencari salon khusus muslimah yang dapat dengan nyaman membuka
hijabnya karena takut diketahui kaum lelaki yang bukan mahramnya. Oleh karena
itu, saya sebagai penulis semakin yakin bahwa peluang bisnis salon muslimah ini
sangat menjanjikan di masa depan. Dan juga ditambah dengan mayoritas penduduk
di sekitar tempat tinggal penulis beragama Islam.
1.2.Konsep
Usaha
“AR-RAUDHOH” Salon Muslimah adalah
salon berkonsep syari'ah yang mengedepankan pelayanankualitas terbaik dengan
harga yang terjangkau. Adapun pelayanan salon ini ditujukanuntuk perawatan
rambut, kecantikan, dan SPA untuk muslimah khususnya dan wanita padaumumnya,
sehingga menjadi wanita yang bersih dan cantik dari penampilannya.
Pengertiancantik disini adalah cantik yang sederhana dan bukan yang berlebih-lebihan.
Konsep yang akan saya buat disini
mengenai tempatnya yaitu menggunakan desain interior yang sangat menarik,
kemudian dilengkapi dengan wifi, loker bagi tiap pelanggan, dan parkir yang
luas. Dengan memfasilitasi berbagai hal yang menunjang tersebut, harapan kami
yaitu demi mencapai kepuasan serta kenyamanan pelanggan yang menikmati salon
muslimah ini. Lebih rincinya akan dipaparkan di dalam sub bab berikutnya.
1.3.Visi,
Misi, dan Tujuan Usaha
1.3.1.
Visi
Menjadikan
“Ar-Raudhoh Salon Muslimah” sebagai sarana mendekatkan diri kepada sang
Pencipta melalui keindahan, kebersihan, dan kecantikan serta menjadikannya
sebagai ibadah untuk meraih ridho-Nya menuju muslimah sejati yang di cintai
oleh Allah.
1.3.2.
Misi
a. Mewujudkan
kepuasan konsumen dengan pelayanan yang berkualitas dalam lingkungan yang ramah
dan nyaman yang selalu berinovasi untuk kepuasan pelanggan.
b. Menyelaraskan
muslimah sejati dengan mewujudkan keseimbangan antara dunia dan akhirat tanpa
melanggar aturan syari’at.
c. Mewujudkan
salon muslimah sebagai sarana untuk dakwah islamiyah.
d.
Memberikan ruang atau
tempat bagi wanita muslimah untuk nyaman dan tetap rileks dalam memanjakan diri
tanpa canggung untuk membuka auratnya (jilbab).
1.3.3. Tujuan
a.
Mengembangkan
layanan jasa yang positif dan pro aktif yang akan di alami oleh konsumen setiap
kali mengunjungi salon.
b.
Memberikan
perhatian, penghargaan, pengembangan diri karyawan dan kompensasi bagi hasil
karyawan agar dapat memberikan layanan yang prima.
c.
Membentuk sifat dan
karakter muslimah sejati dengan cara menjaga kesehatan dan mensyukuri nikmat
Allah yang dititipkan kepada kita.
d.
Sebagai panutan bagi
muslimah lain yang ingin mendirikan salon sesuai syari'ah Islam.
e. Memberikan perawatan kecantikan yang
sesuai dengan syari'ah Islam.
BAB II
PROFIL
USAHA PERUSAHAAN
2.1. Nama Usaha
Usaha
yang akan saya jalankan disini adalah usaha jasa salon muslimah yang bernama
“Ar-Raudhoh Salon Muslimah”. Ar-Raudhoh Salon Muslimah merupakan usaha jasa
dibidang kecantikan yang memberikan beberapa pelayanan bagi wanita pada umumnya
dan muslimah pada khususnya. Adapun pelayanan salon
ini ditujukanuntuk perawatan rambut, kecantikan, dan SPA dengan menggunakan
produk-produk yang berlabelkan halal.
2.2. Lokasi Usaha
Lokasi usaha Ar-Raudhoh
Salon Muslimah ini terletak di Jalan Dewi Sartika Desa Singocandi rt 3 rw 1
Kota Kudus, Jawa Tengah (Timur SMP 4 Kudus). Letaknya cukup strategis dan dapat
dijangkau dengan mudah dari kota maupun tempat umum karena outlet tersebut
terletak di pinggir jalan.
Denah lokasi terdapat pada lampiran.
BAB III
STRUKTUR
ORGANISASI
Struktur Organisasi Ar-Raudhoh Salon
Muslimah ini adalah sebagai berikut:
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Tugas
|
1
|
Arraudhotu Aliyatul Ula
|
Pemilik sekaligus Manajer
|
Bertanggung jawab dalam berjalannya
proses usaha dan mnengontrol segala kegiatan usaha di salon muslimah
tersebut.
|
2
|
Ferizka Fadhilla Nila Kusuma
|
Divisi Keuangan
|
1. Membuat laporan penghasilan harian
2. Menerima setoran dari kasir
3. Mengatur pengeluaran serta
pemasukan dan membuat laporannya.
|
3
|
Ferizka Fadhilla Nila Kusuma
|
Divisi Sumber Daya Manusia (SDM)
|
1.
Bertanggung
jawab mengatur dan memberikan arahan kepada karyawan agar tetap kondusif
dalam bekerja
2.
Memberikan
training kepada karyawan baru
3.
Memberikan
pelatihan lanjutan kepada karyawan sesuai bidangnya.
|
4
|
Ferizka Fadhilla Nila Kusuma
|
Divisi Pemasaran
|
1.
Bertanggung
jawab memasarkan jasa salon muslimah ini melalui banyak media
2.
Bertanggung
jawab untuk memilih dan memilah konsumen yang bertanggungjawab
3.
Memberikan
pengetahuan kepada calon konsumen mengenai bagaimana salon beroperasi melalui
beberapa metode.
|
5
|
Sikha Fatikhatun Nafisah
|
Divisi Hair Stylist
|
1. Menangani langganan yang
membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus
2. Mengawasi pekerjaan para karyawan
salon.
3. Memberikan konsultasi kepada
pelanggan khusus hairstylist atau menata rambut
4. Mengontrol stok dan menangani
pembelian bahan-bahan salon dan peralatan salon yang kurang/telah habis.
|
6
|
Sikha Fatihatun Nafisah
|
Divisi Beauty and Spa
|
1. Menangani pelanggan yang
membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus.
2. Memberikan arahan kepada karyawan
mengenai kecantikan dan spa
3. Memberikan konsultasi kepada
pelanggan khusus kecantikan dan spa
4. Mengontrol stok yang dibutuhkan
mengenai obat-obatan dan bahan lainnya.
|
7
|
1. Ajmilatun
Ni’mah
2. Nella
Fauziyah
|
Karyawan
(Hairstylist dan Capster)
|
Menangani pelanggan yang tidak
membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus, misalnya mencuci rambut, blow
sederhana, creambath, dll.
|
8
|
1. Nevia
Khusniannida
2. Fauziah
Asyifa
|
Karyawan
(Beauty and Spa)
|
Menangani pelanggan yang tidak
membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus, misalnya lulur badan, memijat,
dll.
|
Jumlah karyawan yang dipekerjakan
berjumlah 6 karyawan. Rinciannya sebagai berikut:
1.
Divisi
Keuangan, Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Divisi Pemasaran 1 orang
2.
Divisi
Hairstylist dan Divisi Beauty and Spa 1 orang
3.
Karyawan
Hairstylist dan Capster 2 orang
Karyawan Beauty and Spa 2 orang
BAB IV
PRODUK
USAHA
4.1.
Produk
Pada usaha Ar-Raudhoh
salon muslimah ini, selain jasa serta pelayanan yang kami berikan yaitu:
A.
Perawatan
Rambut
Perawatan rambut yang kami tawarkan
disini meliputi:
1.
Potong
Rambut
2.
Creambath
3.
Hair
Treatment
4.
Hair
Spa.
Peralatan yang diperlukan untuk
menunjang dalam pelayanan perawatan rambut yaitu:
1.
Barber
chair
2.
Creambath
chair
3.
Kaca
4.
Sisir
sasak, sisir potong, sisir bergerigi
5.
Clipper
6.
Clemek
potong
7.
Rak
susun
8.
Hair
Dryer
9.
Handuk
B.
Perawatan
Wajah dan Badan
Perawatan wajah dan tubuh yang kami
sediakan yaitu:
1.
Facial
2.
Totok
Wajah
3.
Lulur
4.
Pijat
Lulur
5.
Pijat
Tradisional.
Peralatan yang diperlukan untuk
menunjang dalam pelayanan perawatan wajah dan tubuh yaitu:
1.
Vacuum
2.
Favorizer
3.
Galvanic
4.
Ozone
5.
High
frequency
6.
Pinset,
kaca pembesar
7.
Lampu
8.
Bad
facial
9.
Handuk,
kemben, masker
10. Home sauna
11. Bath tube
12. Meja lulur
13. Kimono
14. Aromaterapi, dll
Kualitas bahan
yang digunakan oleh salon tidak diragukan lagi. Semua bahan serta peralatan
yang digunakan pasti sudah teruji secara klinis dari laboratorium dan salon ini
menggunakan bahan yang berlabelkan halal. Bahan yang kami gunakan dalam
pelayanan di salon ini menggunakan produk branded atau ternama juga bahan-bahan
alami.
Kelebihan yang
akan kami tawarkan disini adalah produk kosmetik yang digunakan berlabelkan halal
dan free jasa konsultasi, baik perawatan rambut, wajah maupun tubuh. Sehingga
sebelum dilayani, akan diberikan konsultasi gratis sesuai permintaan dan
kebutuhan yang dibutuhkan pelanggan, dan tentunya akan kami berikan pelayanan
yang terbaik.
BAB V
ASPEK
PEMASARAN
5.1.
Target dan Segmentasi Pasar
A.
Segmentation
(Segmentasi)
1. Segmentasi
Geografis
Salon muslimah ini menunjukan pasar di Kota Kudus
yang menjadi kota santri dengan mayoritas penduduk yang beragama Islam. Outlet
berada di wilayah kota yang bisa dijangkau oleh tempat umum dan cukup
strategis.
2. Segmentasi
Demografis
Salon muslimah ini
menargetkan para muslimah pada khususnya dan wanita pada umumnya untuk kalangan
menengah ke bawah dengan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas tinggi.
Tapi bisa juga untuk kelas menengah ke atas mengingat adanya pelayanan yang
sudah ditetapkan sesuai permintaan konsumen. Spesifik targetnya adalah remaja
wanita, wanita muslimah muda, wanita muslimah dewasa, serta wanita tanpa hijab
pun tidak masalah karena salon muslimah ini tidak hanya diperuntukkan wanita
berhijab saja, namun wanita pada umumnya juga.
3. Segmentasi
Psikografi
Salon muslimah inidiperuntukkan bagi
wanita dengan gaya hidup yang sehat dengan pelayanan yang baik dan ramah,
sehingga konsumen merasakan kenyamanan yang tinggi dan puas dengan pelayanan
yang diberikan serta menjadikan perawatan rutin bagi konsumen agar tidak pindah
ke salon lain.
B. Targeting
(Target)
Tahap targeting
disini yaitu membidik kelompok konsumen yang akan disasarkan. Kelompok konsumen
yang di sasarkan yaitu para wanita muslimah khususnya dan wanita pada umumnya
yang diantaranya yaitu remaja wanita, wanita muslimah muda, wanita muslimah
dewasa, dan tak terkecuali wanita yang tidak menggunakan hijab.
C.
Positioning
Tahap dimana suatu usaha yang produknya mudah
dikenal dan diingat oleh konsumen dengan kualitas dan manfaat produk yang
dihasilkan. Dalam tahap ini, produsen akan menampilkan keunggulan dan perbedaan
(dalam artian positif), usaha Ar-Raudhoh Salon Muslimah dengan produk pesaing.
Pada usaha salon muslimah ini memiliki
kelebihan daripada salon yang lain yaitu khusus bagi wanita muslimah, yang
dapat bebas dan merasa nyaman tanpa kecemasan saat membuka hijabnya. Salon
muslimah ini juga menawarkan harga yang sangat terjangkau bagi mahasiswa dan
remaja lain tanpa mengurangi kualitas yang terbaik.
Tagline
untuk Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini yaitu “Muslimah Beauty! Keep Your Beauty
with Ar-Raudhoh”
Dalam rangkaian proses marketing,
setelah STP yang merupakan di tahap awal yang paling penting yaitu
mengidentifikasikan customer value. Kemudian
ada proses marketing lagi yang biasa disingkat dengan 4P, yaitu sebagai
berikut:
1. Product
Dengan
produk jasa salon muslimah ini, kami berinovasi dengan pelayanan yan terbaik
dengan dibuatnya konsep Muslimah yang mengangkat prinsip seorang wanita yang
dapat menikmati kenyamanan dalam mempercantik dirinya tanpa ada kecemasan atau
berbaur dengan laki-laki dengan bebas membuka hijab yang dikenakan.
Selain itu, salon muslimah ini masih sangat jarang
ditemukan, terutama di Kudus sendiri. Sehingga dengan dibukanya Ar-Raudhoh
Salon Muslimah ini mampu membantu muslimah pada khususnya dan wanita pada
umumnya untuk memudahkan dalam memanjakan dirinya. Dan kami berharap bisa
menjadi peluang yang menarik bagi anak muda zaman sekarang, karena maraknya
kecantikan yang tidak ada habisnya dan menjadi sorotan yang ditawarkan oleh
segala penjuru dunia.
2.
Price
Harga yang kami tawarkan disini
bervariasi. Mulai dari perawatan rambut hingga wajah dan badan. Berikut rincian
harga yang ditawarkan yaitu:
a. Perawatan
Rambut
1.
Potong rambut : Rp 15.000
2.
Creambath : Rp 20.000
3.
Hair Treatment : Rp 50.000
4.
Hair Spa : Rp 55.000
b. Perawatan
Wajah dan Badan
1.
Facial : Rp 35.000
2.
Totok Wajah : Rp 35.000
3.
Lulur : Rp 60.000
4.
Pijat Lulur : Rp 75.000
5.
Pijat Tradisional : Rp 70.000
3. Place
Lokasi atau tempat yang kami masuki
juga menentukan keberhasilan dalam menggarap target pasar dengan tepat.
Lingkungan outlet yang kami pilih ini merupakan tempat yang strategis, dekat
dengan universitas muria kudus, juga sekolah-sekolah menengah ke atas.
Tempatnya juga sangat mudah ditemukan melalui Google Map, sehingga konsumen
tidak perlu kesulitan mencari lokasi outlet salon ini.
4.
Promotion
Promosi yang kami lakukan
menggunakan dua strategi pemasaran yaitu secara offline dan online.
Dalam
strategi pemasaran secara offline, kami membuka outlet atau toko yang letaknya
strategis dan mudah ditemukan. Selain itu juga kami akan bekerja sama dengan
institusi pendidikan maupun institusi kerja dengan mengadakan kegiatan
sosialisasi kecantikan dan kesehatan yang sangat penting bagi wanita khususnya
wanita muslimah dan wanita pada umumnya, baik remaja maupun dewasa.
Dalam
strategi pemasaran secara online, kami menjadikan media social dan website
untuk tempat pemasaran dan buka lapak. Untuk online, kami akan membuat sebuah
official untuk melayani konsumen. Dalam pelayanan ini, kami memberikan
kemudahan bagi konsumen untuk membuat reservasi sebelum datang ke salon secara langsung.
Sehingga konsumen tidak perlu menunggu lebih lama saat di salon.
5.2.
Kompetitor
Bisnis
salon memang sudah menjamur di mana-mana. Namun, salon yang khusus ditujukan
kepada kaum muslimah terbilang masih sedikit. Untuk wilayahkota Kudus sampai dengan
saat ini salon muslimah masih jarang, padahal permintaan salon khusus seperti
ini masih sangatbesar.
Setelah
melakukan survey pada kompetitor yang ada di kudus. Mayoritas Salon tersebut
menawarkan harga yang relatif mahal yang lebih tepatnya ditujukan kepada
kalangan menengah ke atas saja. Namun dia juga memiliki kelebihan yang cukup
menarik yaitu menawarkan beberapa paket layanan serta sudah memiliki beberapa
cabang di berbagai daerah. Dan juga menawarkan usaha franchise atau waralaba
kepada calon pengusaha berbagai daerah.
Analisis SWOT, sebagai berikut:
1.
Strength (Kekuatan)
Untuk bisnis salon muslimah ini memiliki kekuatan yang besar
dalam menarik hati wanita, khususnya wanita muslimah. Di Kudus juga masih
sangat jarang adanya salon khusus wanita. Jadi untuk memperoleh keuntungan yang
besar sangat memungkinkan dengan bisnis salon muslimah ini.
2.
Weakness (Kelemahan)
Ar-Raudhoh salon muslimah ini masih kalah dengan pesaing
yang sudah lama berdiri, apalagi terdapat pesaing yang sudah melebarkan
sayapnya dengan menerima franchise (waralaba), sehingga memungkinkan bagi orang
lain untuk membuka usaha salon muslimah yang lain dengan mudah.
3.
Opportuniy (Peluang)
Peluang dalam Ar-Raudhoh salon muslimah ini terletak pada
kreatifnya seseorang atau khususnya anak muda dengan membuka salon muslimah
dengan membeli merek atau menanamkan modalnya. Sehingga bisnis Ar-Raudhoh salon
muslimah ini semakin melebar dan semakin maju.
4.
Threath (Ancaman)
Adanya salon kecantikan branded atau ternama yang sangat
terkenal dan lebih dipercaya oleh konsumen dengan kualitas dan harga yang
tinggi.
5.3.
Rencana Penjualan
Rencana
penjualan pada Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini yaitu dilakukan beberapa metode
promosi dan pemasaran melalui banyak media, diantaranya:
a.
Memasang
iklan di surat kabar, majalah, dll
b.
Media
sosial dan membuat official yang siap melayani saat jam kerja seperti facebook,
instagram, line, bbm, whatsapp, dll.
c.
Pembuatan
pamflet yang ditempelkan di tembok serta pohon-pohon disepanjang jalan kota
kudus.
d.
Penyebaran
brosur di sekolah menengah keatas, universitas yang berada di Kudus serta
daerah perkantoran.
e.
Mengikuti
pameran-pameran yang diadakan di Kudus dan sekitarnya.
f.
Bekerja
sama dengan institusi yang mengadakan kegiatan bertemakan beauty and spa.
g.
Salles
marketing, dengan cara tradisional yaitu door to door. Door to door disini
berarti salles marketing mendatangi rumah-rumah dengan menunjukkan beberapa
produk yang digunakan pada salon tersebut, dll.
h.
Dari
mulut ke mulut.
Pada saat grand
opening Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini saya menawarkan harga promosi selama 1
minggu dengan harga yang lebih terjangkau lagi dari harga normal. Tujuan
diadakannya promosi ini adalah mengenalkan kepada masyarakat Kudus bagaimana
salon muslimah ini beroperasi dan memberikan kualitas yang terbaik dengan
harapan akan puas dengan pelayanan yang diberikan sehingga akan kembali lagi ke
salon muslimah ini.
Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini
dirancang dengan konsep elegant and cozy calm dengan warna dasar hijau muda
yang memanjakan mata pelanggan dan di percantik lagi dengan mix shabby chic
atau bunga-bunga kecil yang damai dan indah. Suasana yang dimunculkan setara
dengan salon ternama, simple modernis, damai, dan berkelas. Untuk
mewujudkannya, kami akan bekerja sama dengan arsitek desain interior handal
untuk merancang konsep tersebut.
Untuk menunjang kenyamanan serta
kepuasan pelanggan, salon ini dilengkapi dengan free wifi, ruang tunggu yang
nyaman dilengkapi televise serta surat kabar atau majalah, serta parkir yang
luas. Kami berharap pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang kami
berikan serta menggunakan jasa salon ini kembali di lain hari.
BAB
VI
RENCANA KEUANGAN
6.1.
Estimasi
Biaya
No
|
Perlengkapan
|
Unit
|
Harga per Unit
|
Total
|
depresiasi perbulan*
|
Perawatan Rambut
|
|||||
1
|
Barber Chair
|
2
|
Rp
250,000
|
Rp 500,000
|
Rp10,417
|
2
|
Creambath Chair
|
2
|
Rp
350,000
|
Rp 700,000
|
Rp 14,583
|
3
|
Kaca Salon
|
2
|
Rp
300,000
|
Rp 600,000
|
Rp 12,500
|
4
|
Meja Salon
|
2
|
Rp
200,000
|
Rp 400,000
|
Rp 8,333
|
5
|
Hair Dryer
|
1
|
Rp100,000
|
Rp 100,000
|
Rp 2,083
|
6
|
Clipper
|
2
|
Rp
150,000
|
Rp 300,000
|
Rp 6,250
|
7
|
Clemek
|
2
|
Rp
20,000
|
Rp 40,000
|
Rp 833
|
8
|
Sisir Sasak
|
12
|
Rp 1,666
|
Rp 19,992
|
Rp 417
|
9
|
Sisir Potong
|
2
|
Rp 3,000
|
Rp 6,000
|
Rp 125
|
10
|
Sisir Bergerigi
|
2
|
Rp 5,000
|
Rp 10,000
|
Rp 208
|
11
|
Gunting Potong Lurus
|
2
|
Rp 40,000
|
Rp 80,000
|
Rp 1,667
|
12
|
Gunting Gerigi
|
2
|
Rp 40,000
|
Rp 80,000
|
Rp 1,667
|
13
|
Gunting Penipis
|
2
|
Rp 30,000
|
Rp 60,000
|
Rp 1,250
|
14
|
Rol
|
12
|
Rp 1,666
|
Rp 19,992
|
Rp 417
|
15
|
Sikat Rambut
|
2
|
Rp25,000
|
Rp 50,000
|
Rp 1,042
|
16
|
Handuk Kecil
|
2
|
Rp 10,000
|
Rp 20,000
|
Rp 417
|
17
|
Trolley
|
1
|
Rp 300,000
|
Rp 300,000
|
Rp 6,250
|
18
|
Semprotan Air
|
1
|
Rp 5,000
|
Rp 5,000
|
Rp 104
|
19
|
Jepit Rambut
|
12
|
Rp 1,000
|
Rp 12,000
|
Rp 250
|
Total
|
Rp 1,832,332
|
Rp
3,302,984
|
Rp 68,812
|
||
Perawatan Wajah & Badan
|
|||||
1
|
Alat
Facial
|
1
|
Rp
1,800,000
|
Rp
1,800,000
|
Rp 37,500
|
2
|
Vapozone
|
1
|
Rp
500,000
|
Rp 500,000
|
Rp 10,417
|
3
|
Kaca
Pembesar
|
1
|
Rp 750,000
|
Rp 750,000
|
Rp 15,625
|
4
|
Pinset
|
2
|
Rp 25,000
|
Rp 50,000
|
Rp
1,042
|
5
|
Bed
Facial
|
1
|
Rp 550,000
|
Rp 550,000
|
Rp 11,458
|
6
|
Home
Sauna
|
1
|
Rp 950,000
|
Rp 950,000
|
Rp
19,792
|
7
|
Bath
Tube
|
1
|
Rp 1,000,000
|
Rp 1,000,000
|
Rp 20,833
|
8
|
Meja
Lulur
|
1
|
Rp 500,000
|
Rp 500,000
|
Rp 10,417
|
9
|
Kimono
|
2
|
Rp 60,000
|
Rp 120,000
|
Rp 2,500
|
10
|
Handuk
|
2
|
Rp 20,000
|
Rp 40,000
|
Rp 833
|
11
|
Kain
Kemben
|
2
|
Rp 30,000
|
Rp 60,000
|
Rp 1,250
|
Total
|
Rp
6,185,000
|
Rp 6,320,000
|
Rp 131,667
|
||
Sub Total
|
Rp 9,622,984
|
Rp 200,479
|
Biaya Depresiasi per Unit sebesar 25% persen dalam
jangka waktu 4 tahun. Perhitungan depresiasi menggunakan metode garis lurus*.
Depresiasi pertahun =
|
Harga Perolehan X Biaya Depreasiasi
|
|||
Depresiasi per bulan =
|
Depresiasi pertahun
|
|||
12
|
||||
Biaya Bahan-bahan yang dibutuhkan,
yaitu:
No
|
Bahan-Bahan
|
Kuantitas
|
Harga per unit
|
Total
|
Bahan Perawatan Rambut
|
||||
1
|
Shampo
|
5 liter
|
Rp 50,000
|
Rp 50,000
|
2
|
Conditioner
|
5 liter
|
Rp 60,000
|
Rp 60,000
|
3
|
Vitamin Rambut
|
1 liter
|
Rp 50,000
|
Rp 50,000
|
4
|
Creambath Cream
|
1 kg
|
Rp 60,000
|
Rp 60,000
|
5
|
Hair Mask
|
1 kg
|
Rp 60,000
|
Rp 60,000
|
6
|
Aromaterapi
|
1 lusin
|
Rp 60,000
|
Rp 60,000
|
Total
|
Rp 340,000
|
|||
Bahan Perawatan Wajah
dan Badan
|
||||
1
|
Masker Emas Topeng
|
1 lusin
|
Rp 150,000
|
Rp 150,000
|
2
|
Mas ker Milk
|
1 kg
|
Rp 120,000
|
Rp 120,000
|
3
|
Masker Badan
|
1 kg
|
Rp 40,000
|
Rp 40,000
|
4
|
Lulur Bengkoang
|
1 kg
|
Rp 35,000
|
Rp 35,000
|
5
|
Lulur Aromatepi
|
1 kg
|
Rp 35,000
|
Rp 35,000
|
6
|
Lulur Susu
|
1 kg
|
Rp 35,000
|
Rp 35,000
|
7
|
Lulur Green Tea
|
1 kg
|
Rp 35,000
|
Rp 35,000
|
Total
|
Rp 450,000
|
|||
Total Biaya
Bahan-Bahan
|
Rp 790,000
|
Biaya lain-lain:
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
1
|
Air Dan Listrik
|
1
|
Rp120,000
|
Rp 120,000
|
2
|
Transport
|
2
|
Rp 40,000
|
Rp 80,000
|
Sub Total
|
Rp 200,000
|
Biaya Gaji Karyawan:
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
Gaji Perbulan
|
Total
|
1
|
Divisi
|
2
|
Rp 1,400,000
|
Rp 2,800,000
|
2
|
Karyawan
|
4
|
Rp 1,000,000
|
Rp 4,000,000
|
Sub Total
|
Rp 6,800,000
|
6.1.
Proyeksi
Pendapatan
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
Harga/Pelayanan
|
Jumlah
|
1
|
Potong Rambut
|
40
|
Rp 15,000
|
Rp600,000
|
2
|
Creambath
|
25
|
Rp 30,000
|
Rp 750,000
|
3
|
Hair Treatment
|
20
|
Rp 50,000
|
Rp
1,000,000
|
4
|
Hair Spa
|
20
|
Rp 55,000
|
Rp 1,100,000
|
5
|
Facial
|
30
|
Rp 35,000
|
Rp 1,050,000
|
6
|
Totok Wajah
|
15
|
Rp 35,000
|
Rp 525,000
|
7
|
Lulur
|
20
|
Rp 60,000
|
Rp 1,200,000
|
8
|
Pijat Lulur
|
20
|
Rp 75,000
|
Rp 1,500,000
|
9
|
Pijat Tradisional
|
15
|
Rp 70,000
|
Rp 1,050,000
|
Sub Total
|
Rp 8,775,000
|
Untuk menghitung berapa jumlah
minimal yang harus dijual supaya balik modal, perhitungan menggunakan metode
BEP (break even point).
6.2.
Proyeksi
Laba Rugi
Perhitungan proyeksi
Laba per bulan.
Pendapatan
|
Rp 8,775,000
|
|||
Biaya
|
||||
Bahan Baku
|
Rp 790,000
|
|||
Biaya Gaji
|
Rp 5,200,000
|
|||
Biaya lain-lain
|
Rp 200,000
|
|||
Biaya Depresiasi
|
Rp 157,771
|
|||
Rp
6,347,771
|
||||
Laba Bersih
|
Rp2,427,230
|
Jumlah minimum yang harus terjual
setiap bulannya agar dapat menutup semua biaya yang dikeluarkan selama sebulan,
yaitu:
Impas (unit) =
|
Biaya
tetap
|
|||
Harga jual persatuan
|
-
|
Biaya variabel per satuan
|
||
=
|
Rp
200, 479
|
|||
Rp 42,805
|
-
|
Rp 38,000
|
||
=
|
42
|
Jika pelayanan pada Salon dalam
sebulan minimal 42 pelayanan, maka usaha akan dapat menutup semua biaya yang
dikeluarkan sebulan, sehingga usaha tersebut tidak mengalami kerugian.
Impas (rupiah) =
|
biaya tetap
|
||
1-
|
biaya variabel per unit
|
||
harga jual per unit
|
|||
Rp 200,479
|
|||
= 1-
|
Rp 38,000
|
||
Rp 42,805
|
|||
=
|
Rp 200,479
|
||
1-
|
Rp 0,8877
|
||
=
|
Rp 200,479
|
||
Rp 0,1123
|
|||
=
|
Rp 1,785,993
|
Bukti bahwa usaha menerima uang
pendapatan penjualan sebanyak Rp 1,785,993 usahanya belum memperoleh laba,
tetapi juga sudah tidak rugi, yaitu:
Pendapatan
|
42x
|
Rp 42,805
|
Rp 1,785,993
|
Biaya Variabel
|
42x
|
Rp 38,000
|
Rp 1,585,514
|
Rp 200,479
|
|||
Biaya Tetap
|
Rp 200,479
|
||
Laba Bersih
|
0
|
Untuk menghitung berapa persen
pengembalian Aset tetap yang digunakan untuk Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini,
kami menggunakan perhitungan ROI (Return of Investement), sebagai berikut:
ROI : Laba Operasi / Aktiva Operasi
ROI : Rp 2,427,230 / Rp 9,622,984
ROI : 0,25 = 25%
Jadi, itu berarti dalam 1 bulan sudah menutup modal sebanyak
25%, dan kami membutuhkan waktu 4 bulan untuk balik modal seluruhnya.
BAB
VII
PENUTUP
7.1. Kesimpulan
Ar-Raudhoh Salon Muslimah merupakan
inovasi baru dari salon-salon yang sudah ada. Salon muslimah ini menawarkan
beberapa pelayanan, mulai dari perawatan rambut, wajah hingga tubuh. Perbedaan
dengan salon yang lain yaitu salon ini dikhususkan hanya untuk wanita muslimah
saja dan wanita pada umumnya, mulai dari remaja hingga dewasa. Hal ini membantu
wanita muslimah untuk tidak berbaur dengan laki-laki ketika di tempat umum,
untuk kasus ini yaitu di salon, sehingga memudahkan wanita muslimah tersebut
dapat secara bebas membuka hijab atau jilbabnya tanpa rasa cemas dan rasa
nyaman.
Salon Ar-Raudhoh dapat dijadikan
sebagai solusi untuk para wanita muslimah yang kesulitan mencari salon khusus
wanita saja. Selain untuk kecantikan, salon ini juga mengingatkan akan
kesehatan yang menjadi prioritas. Kami memberikan free konsultasi kepada
pelanggan, sehingga akan diberikan pelayanan yang terbaik bagi masing-masing
pelanggan. Salon ini juga memiliki keunggulan tersediri dengan menggunakan
bahan-bahan tradisional karena dipercaya memberikan hasil yang sangat bagus,
tetapi tidak menutup kemungkinan juga menggunakan bahan modern mengikuti zaman.
Usaha bisnis Ar-Raudhoh Salon
Muslimah ini mempunyai prospek yang sangat baik, peneliti kecantikan dan
kesehatan juga tidak meragukannya lagi bahkan untuk beberapa tahun kedepan.
Dikarenakan semua wanita ingin selalu tampil cantik, khususnya bagi muslimah mengingat
negara Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas agama Islam.
Harapan kami yaitu semoga banyak
orang yang terinspirasi dengan adanya Ar-Raudhoh Salon Muslimah, sehingga mampu
menciptakan usaha yang unik sekaligus kreatif yang dibutuhkan banyak orang
serta dapat membuka lapangan kerja baru, baik dalam industri yang sama maupun
industri yang lain.
Lampiran-Lampiran
Banner Usaha
Lampiran-Lampiran
Banner Usaha
Bagi kalian yang tinggal di medan/binjai. Jangan lupa yuk mampir
BalasHapussalon kecantikan Ada banyak promo menarik nih sis :)
Artikelnya sangat bermanfaat. Terima kasih gan!
BalasHapusJangan lupa mampir gan ke salon kecantikan wanita
terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat.. semoga kedepannya bisa terus membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang...
BalasHapus