DEWI LESTARI

Labels

Jumat, 31 Maret 2017

PROPOSAL USAHA “AR-RAUDHOH SALON MUSLIMAH”

PROPOSAL USAHA
“AR-RAUDHOH SALON MUSLIMAH”
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
KEWIRAUSAHAAN
Dosen Pengampu : Dr. Drs. Sukirman, S.Pd., S.H., MM.



Disusun oleh:
Arraudhotu Aliyatul Ula
NIM: 201511285
Kelas: 4 D

PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
TAHUN 2016/2017


KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, serta hidayah-Nya, sehingga penulis mampu menyelesaikan Proposal Usaha ini dengan baik dan sesuai waktu yang telah ditentukan.
            Penulisan proposal ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah Kewirausahaan di Universitas Muria Kudus Jurusan Manajemen.
            Dalam memenuhi persyaratan tersebut penulis mencoba membuat Proposal yang berjudul “Proposal Usaha Ar-Raudhoh Salon Muslimah”.
            Dalam menyusun proposal ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, sebab pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penulis terbatas, cukup banyak tantangan dan hambatan yang penulis temukan dalam menyusun proposal ini. Oleh karena itu, kritik dan saran akan sangat membantu untuk melengkapi proposal ini menjadi lebih baik lagi.
            Akhir kata, semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Penulis

Kudus, 25 Maret 2017


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................................................... ii
ABSTRAK............................................................................................................................ iii
BAB I: PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang................................................................................................................. 1
1.2.Konsep Usaha.................................................................................................................. 2
1.3.Visi, Misi, dan Tujuan Usaha........................................................................................... 2
BAB II: PROFIL USAHA
2.1.Nama Usaha..................................................................................................................... 4
2.2.Lokasi Usaha................................................................................................................... 4
BAB III: STRUKTUR ORGANISASI................................................................................ 5
BAB IV: PRODUK USAHA
4.1.Produk............................................................................................................................. 7
BAB V: ASPEK PEMASARAN
5.1.Target dan SegmentasiPasar............................................................................................ 9
5.2.Kompetitor....................................................................................................................... 11
5.3.Rencana Penjualan........................................................................................................... 12
BAB VI: RENCANA KEUANGAN
6.1.Estimasi Biya................................................................................................................... 14
6.2.Proyeksi Pendapatan........................................................................................................ 16
6.3.Proyeksi Laba Rugi.......................................................................................................... 17
BAB VII: PENUTUP
7.1.Kesimpulan...................................................................................................................... 20
7.2.Potensi Usaha.................................................................................................................. 20
BAB VIII: Lampiran............................................................................................................. 21



ABSTRAK
            Salon muslimah merupakan salon yang menawarkan berbagai pelayanan yang sama dengan salon kecantikan seperti biasanya namun dengan prinsip yang sedikit berbeda yaitu dengan menerapkan prinsip syari’at Islam. Kebutuhan untuk tampil cantik dalam agama Islam dianjurkan dengan niat yang lurus tanpa menimbulkan nafsu bagi kaum lelaki. Selain untuk kecantikan, salon ini juga mengingatkan akan kesehatan yang menjadi prioritas. Salon muslimah ini hanya diperuntukkan kepada wanita muslimah pada khususnya dan wanita pada umumnya. Salon muslimah ini membantu wanita muslimah yang kesulitan mencari salon khusus wanita, tanpa berbaur dengan lelaki. Dengan begitu para wanita muslimah merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan tanpa takut melanggar syari’at Islam. Salon muslimah ini akan diberi nama “Ar-Raudhoh Salon Muslimah”.
Usaha bisnis Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini mempunyai prospek yang sangat baik, peneliti kecantikan dan kesehatan juga tidak meragukannya lagi bahkan untuk beberapa tahun kedepan. Dikarenakan semua wanita ingin selalu tampil cantik, khususnya bagi muslimah mengingat negara Indonesia merupakan Negara dengan penduduk mayoritas agama Islam. Harapan kami yaitu semoga banyak orang yang terinspirasi dengan adanyaAr-Raudhoh Salon Muslimah, sehingga mampu menciptakan usaha yang unik sekaligus kreatif yang dibutuhkan banyak orang serta dapat membuka lapangan kerja baru, baik dalam industri yang sama maupun industri yang lain.

Kata kunci: Salon, muslimah, kecantikan.


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Islam merupakan agama yang memperhatikan kebersihan dan keindahan. Hal inisesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: “Kebersihan itu sebagian dariiman”. Oleh karena itu seorang muslimah yang menyandarkan dirinya kepada agama muliaini selayaknya tidak meremehkan urusan tersebut. Muslimah yang menjaga kebersihan dankeindahan dirinya melalui jalan yang syariah akan meraih ridha Allah dan sekaligus ridhasuami.
Salah satu usaha jasa yang dapat mengakomomodir akan kebutuhan kaum muslimahdalam usaha menjaga kebersihan dan keindahan dirinya yang sesuai dengan tuntunan syariahadalah salon yang berkonsep syariah atau salon muslimah. Salon muslimah adalah salonyang memberikan jasa pelayanan perawatan kecantikan kaum muslimah denganmengedepankan tuntunan syari’ah, diantaranya adalah produk kosmetik yang digunakanhalal dan pelayanan yang tidak melanggar tuntunan syar’i.
Kebutuhan untuk tampil cantik dalam agama Islam dianjurkan dengan niat yang lurus tanpa menimbulkan nafsu bagi kaum lelaki. Cantik wajah dan kulit dari dalam terpancar dari aura masing-masing wanita termasuk didalamnya wanita Muslimah. Namun bagi kaum wanita cantik dari luar juga sangat diperlukan bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan bagi wanita, termasuk muslimah baik remaja maupun dewasa.
Untuk saat ini memang tidak semua salon mampu memenuhi kebutuhan perawatan yang diinginkan bagi kaum muslimah. Demikian juga, mayoritas kaum muslimah yang menginginkan kenyamanan untuk mendapatkan perawatan kecantikan dalam situasi yang nyaman tanpa berbaur dengan kaum lelakiyang menjadi hal penting atau pertimbangan besar bagi kaum muslimah sesuai dengan keyakinan masing-masing.
Dari sisi kesehatan juga banyak manfaatnya, yaitu dapat membantu merawat rambut yang selalu tertutup dengan hijab yang setiap harinya rambut terasa pengap dan sulit bernafas setelah seharian terkena sinar matahari. Banyak wanita yang merasa kesulitan mencari salon khusus muslimah yang dapat dengan nyaman membuka hijabnya karena takut diketahui kaum lelaki yang bukan mahramnya. Oleh karena itu, saya sebagai penulis semakin yakin bahwa peluang bisnis salon muslimah ini sangat menjanjikan di masa depan. Dan juga ditambah dengan mayoritas penduduk di sekitar tempat tinggal penulis beragama Islam.
1.2.Konsep Usaha
“AR-RAUDHOH” Salon Muslimah adalah salon berkonsep syari'ah yang mengedepankan pelayanankualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Adapun pelayanan salon ini ditujukanuntuk perawatan rambut, kecantikan, dan SPA untuk muslimah khususnya dan wanita padaumumnya, sehingga menjadi wanita yang bersih dan cantik dari penampilannya. Pengertiancantik disini adalah cantik yang sederhana dan bukan yang berlebih-lebihan.
Konsep yang akan saya buat disini mengenai tempatnya yaitu menggunakan desain interior yang sangat menarik, kemudian dilengkapi dengan wifi, loker bagi tiap pelanggan, dan parkir yang luas. Dengan memfasilitasi berbagai hal yang menunjang tersebut, harapan kami yaitu demi mencapai kepuasan serta kenyamanan pelanggan yang menikmati salon muslimah ini. Lebih rincinya akan dipaparkan di dalam sub bab berikutnya.
1.3.Visi, Misi, dan Tujuan Usaha
1.3.1.      Visi
Menjadikan “Ar-Raudhoh Salon Muslimah” sebagai sarana mendekatkan diri kepada sang Pencipta melalui keindahan, kebersihan, dan kecantikan serta menjadikannya sebagai ibadah untuk meraih ridho-Nya menuju muslimah sejati yang di cintai oleh Allah.
1.3.2.      Misi
a.       Mewujudkan kepuasan konsumen dengan pelayanan yang berkualitas dalam lingkungan yang ramah dan nyaman yang selalu berinovasi untuk kepuasan pelanggan.
b.      Menyelaraskan muslimah sejati dengan mewujudkan keseimbangan antara dunia dan akhirat tanpa melanggar aturan syari’at.
c.       Mewujudkan salon muslimah sebagai sarana untuk dakwah islamiyah.
d.      Memberikan ruang atau tempat bagi wanita muslimah untuk nyaman dan tetap rileks dalam memanjakan diri tanpa canggung untuk membuka auratnya (jilbab).


1.3.3.      Tujuan
a.       Mengembangkan layanan jasa yang positif dan pro aktif yang akan di alami oleh konsumen setiap kali mengunjungi salon.
b.      Memberikan perhatian, penghargaan, pengembangan diri karyawan dan kompensasi bagi hasil karyawan agar dapat memberikan layanan yang prima.
c.       Membentuk sifat dan karakter muslimah sejati dengan cara menjaga kesehatan dan mensyukuri nikmat Allah yang dititipkan kepada kita.
d.      Sebagai panutan bagi muslimah lain yang ingin mendirikan salon sesuai syari'ah Islam.
e.       Memberikan perawatan kecantikan yang sesuai dengan syari'ah Islam.



BAB II
PROFIL USAHA PERUSAHAAN
2.1. Nama Usaha
Usaha yang akan saya jalankan disini adalah usaha jasa salon muslimah yang bernama “Ar-Raudhoh Salon Muslimah”. Ar-Raudhoh Salon Muslimah merupakan usaha jasa dibidang kecantikan yang memberikan beberapa pelayanan bagi wanita pada umumnya dan muslimah pada khususnya. Adapun pelayanan salon ini ditujukanuntuk perawatan rambut, kecantikan, dan SPA dengan menggunakan produk-produk yang berlabelkan halal.
2.2. Lokasi Usaha
Lokasi usaha Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini terletak di Jalan Dewi Sartika Desa Singocandi rt 3 rw 1 Kota Kudus, Jawa Tengah (Timur SMP 4 Kudus). Letaknya cukup strategis dan dapat dijangkau dengan mudah dari kota maupun tempat umum karena outlet tersebut terletak di pinggir jalan.
            Denah lokasi terdapat pada lampiran.


BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur Organisasi Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini adalah sebagai berikut:          
No
Nama
Jabatan
Tugas
1
Arraudhotu Aliyatul Ula
Pemilik sekaligus Manajer
Bertanggung jawab dalam berjalannya proses usaha dan mnengontrol segala kegiatan usaha di salon muslimah tersebut.
2
Ferizka Fadhilla Nila Kusuma
Divisi Keuangan
1.    Membuat laporan penghasilan harian
2.    Menerima setoran dari kasir
3.    Mengatur pengeluaran serta pemasukan dan membuat laporannya.
3
Ferizka Fadhilla Nila Kusuma
Divisi Sumber Daya Manusia (SDM)
1.    Bertanggung jawab mengatur dan memberikan arahan kepada karyawan agar tetap kondusif dalam bekerja
2.    Memberikan training kepada karyawan baru
3.    Memberikan pelatihan lanjutan kepada karyawan sesuai bidangnya.
4
Ferizka Fadhilla Nila Kusuma
Divisi Pemasaran
1.     Bertanggung jawab memasarkan jasa salon muslimah ini melalui banyak media
2.     Bertanggung jawab untuk memilih dan memilah konsumen yang bertanggungjawab
3.     Memberikan pengetahuan kepada calon konsumen mengenai bagaimana salon beroperasi melalui beberapa metode.
5
Sikha Fatikhatun Nafisah
Divisi Hair Stylist
1.    Menangani langganan yang membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus
2.    Mengawasi pekerjaan para karyawan salon.
3.    Memberikan konsultasi kepada pelanggan khusus hairstylist atau menata rambut
4.    Mengontrol stok dan menangani pembelian bahan-bahan salon dan peralatan salon yang kurang/telah habis.
6
Sikha Fatihatun Nafisah
Divisi Beauty and Spa
1.    Menangani pelanggan yang membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus.
2.    Memberikan arahan kepada karyawan mengenai kecantikan dan spa
3.    Memberikan konsultasi kepada pelanggan khusus kecantikan dan spa
4.    Mengontrol stok yang dibutuhkan mengenai obat-obatan dan bahan lainnya.
7
1.    Ajmilatun Ni’mah
2.    Nella Fauziyah
Karyawan
(Hairstylist dan Capster)

Menangani pelanggan yang tidak membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus, misalnya mencuci rambut, blow sederhana, creambath, dll.
8
1.    Nevia Khusniannida
2.    Fauziah Asyifa
Karyawan
(Beauty and Spa)
Menangani pelanggan yang tidak membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus, misalnya lulur badan, memijat, dll.

Jumlah karyawan yang dipekerjakan berjumlah 6 karyawan. Rinciannya sebagai berikut:
1.      Divisi Keuangan, Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Divisi Pemasaran 1 orang
2.      Divisi Hairstylist dan Divisi Beauty and Spa 1 orang
3.      Karyawan Hairstylist dan Capster 2 orang
Karyawan Beauty and Spa 2 orang


BAB IV
PRODUK USAHA
4.1. Produk
Pada usaha Ar-Raudhoh salon muslimah ini, selain jasa serta pelayanan yang kami berikan yaitu:
A.    Perawatan Rambut
Perawatan rambut yang kami tawarkan disini meliputi:
1.      Potong Rambut
2.      Creambath
3.      Hair Treatment
4.      Hair Spa.
Peralatan yang diperlukan untuk menunjang dalam pelayanan perawatan rambut yaitu:

1.      Barber chair
2.      Creambath chair
3.      Kaca
4.      Sisir sasak, sisir potong, sisir bergerigi
5.      Clipper
6.      Clemek potong
7.      Rak susun
8.      Hair Dryer
9.      Handuk

B.     Perawatan Wajah dan Badan
Perawatan wajah dan tubuh yang kami sediakan yaitu:
1.      Facial
2.      Totok Wajah
3.      Lulur
4.      Pijat Lulur
5.      Pijat Tradisional.
Peralatan yang diperlukan untuk menunjang dalam pelayanan perawatan wajah dan tubuh yaitu:

1.      Vacuum
2.      Favorizer
3.      Galvanic
4.      Ozone
5.      High frequency
6.      Pinset, kaca pembesar
7.      Lampu
8.      Bad facial
9.      Handuk, kemben, masker
10.  Home sauna
11.  Bath tube
12.  Meja lulur
13.  Kimono
14.  Aromaterapi, dll

Kualitas bahan yang digunakan oleh salon tidak diragukan lagi. Semua bahan serta peralatan yang digunakan pasti sudah teruji secara klinis dari laboratorium dan salon ini menggunakan bahan yang berlabelkan halal. Bahan yang kami gunakan dalam pelayanan di salon ini menggunakan produk branded atau ternama juga bahan-bahan alami.
Kelebihan yang akan kami tawarkan disini adalah produk kosmetik yang digunakan berlabelkan halal dan free jasa konsultasi, baik perawatan rambut, wajah maupun tubuh. Sehingga sebelum dilayani, akan diberikan konsultasi gratis sesuai permintaan dan kebutuhan yang dibutuhkan pelanggan, dan tentunya akan kami berikan pelayanan yang terbaik.

BAB V
ASPEK PEMASARAN
5.1. Target dan Segmentasi Pasar
            A.    Segmentation (Segmentasi)
1.      Segmentasi Geografis
Salon muslimah ini menunjukan pasar di Kota Kudus yang menjadi kota santri dengan mayoritas penduduk yang beragama Islam. Outlet berada di wilayah kota yang bisa dijangkau oleh tempat umum dan cukup strategis.
2.      Segmentasi Demografis
Salon muslimah ini menargetkan para muslimah pada khususnya dan wanita pada umumnya untuk kalangan menengah ke bawah dengan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas tinggi. Tapi bisa juga untuk kelas menengah ke atas mengingat adanya pelayanan yang sudah ditetapkan sesuai permintaan konsumen. Spesifik targetnya adalah remaja wanita, wanita muslimah muda, wanita muslimah dewasa, serta wanita tanpa hijab pun tidak masalah karena salon muslimah ini tidak hanya diperuntukkan wanita berhijab saja, namun wanita pada umumnya juga.
3.      Segmentasi Psikografi
Salon muslimah inidiperuntukkan bagi wanita dengan gaya hidup yang sehat dengan pelayanan yang baik dan ramah, sehingga konsumen merasakan kenyamanan yang tinggi dan puas dengan pelayanan yang diberikan serta menjadikan perawatan rutin bagi konsumen agar tidak pindah ke salon lain.
       B.     Targeting (Target)
Tahap targeting disini yaitu membidik kelompok konsumen yang akan disasarkan. Kelompok konsumen yang di sasarkan yaitu para wanita muslimah khususnya dan wanita pada umumnya yang diantaranya yaitu remaja wanita, wanita muslimah muda, wanita muslimah dewasa, dan tak terkecuali wanita yang tidak menggunakan hijab.
     C.     Positioning
Tahap dimana suatu usaha yang produknya mudah dikenal dan diingat oleh konsumen dengan kualitas dan manfaat produk yang dihasilkan. Dalam tahap ini, produsen akan menampilkan keunggulan dan perbedaan (dalam artian positif), usaha Ar-Raudhoh Salon Muslimah dengan produk pesaing.
Pada usaha salon muslimah ini memiliki kelebihan daripada salon yang lain yaitu khusus bagi wanita muslimah, yang dapat bebas dan merasa nyaman tanpa kecemasan saat membuka hijabnya. Salon muslimah ini juga menawarkan harga yang sangat terjangkau bagi mahasiswa dan remaja lain tanpa mengurangi kualitas yang terbaik.
Tagline untuk Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini yaitu “Muslimah Beauty! Keep Your Beauty with Ar-Raudhoh”
Dalam rangkaian proses marketing, setelah STP yang merupakan di tahap awal yang paling penting yaitu mengidentifikasikan customer value. Kemudian ada proses marketing lagi yang biasa disingkat dengan 4P, yaitu sebagai berikut:
1.      Product
Dengan produk jasa salon muslimah ini, kami berinovasi dengan pelayanan yan terbaik dengan dibuatnya konsep Muslimah yang mengangkat prinsip seorang wanita yang dapat menikmati kenyamanan dalam mempercantik dirinya tanpa ada kecemasan atau berbaur dengan laki-laki dengan bebas membuka hijab yang dikenakan.
Selain itu, salon muslimah ini masih sangat jarang ditemukan, terutama di Kudus sendiri. Sehingga dengan dibukanya Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini mampu membantu muslimah pada khususnya dan wanita pada umumnya untuk memudahkan dalam memanjakan dirinya. Dan kami berharap bisa menjadi peluang yang menarik bagi anak muda zaman sekarang, karena maraknya kecantikan yang tidak ada habisnya dan menjadi sorotan yang ditawarkan oleh segala penjuru dunia.
2.      Price
Harga yang kami tawarkan disini bervariasi. Mulai dari perawatan rambut hingga wajah dan badan. Berikut rincian harga yang ditawarkan yaitu:
a.       Perawatan Rambut
                                                                        1.      Potong rambut      : Rp 15.000
                                                                        2.      Creambath             : Rp 20.000
                                                                        3.      Hair Treatment      : Rp 50.000
                                                                        4.      Hair Spa                : Rp 55.000
b.      Perawatan Wajah dan Badan
                                                                        1.      Facial                     : Rp 35.000
                                                                        2.      Totok Wajah         : Rp 35.000
                                                                        3.      Lulur                     : Rp 60.000
                                                                        4.      Pijat Lulur             : Rp 75.000
                                                                        5.      Pijat Tradisional    : Rp 70.000
3.      Place
Lokasi atau tempat yang kami masuki juga menentukan keberhasilan dalam menggarap target pasar dengan tepat. Lingkungan outlet yang kami pilih ini merupakan tempat yang strategis, dekat dengan universitas muria kudus, juga sekolah-sekolah menengah ke atas. Tempatnya juga sangat mudah ditemukan melalui Google Map, sehingga konsumen tidak perlu kesulitan mencari lokasi outlet salon ini.

4.      Promotion
Promosi yang kami lakukan menggunakan dua strategi pemasaran yaitu secara offline dan online.
Dalam strategi pemasaran secara offline, kami membuka outlet atau toko yang letaknya strategis dan mudah ditemukan. Selain itu juga kami akan bekerja sama dengan institusi pendidikan maupun institusi kerja dengan mengadakan kegiatan sosialisasi kecantikan dan kesehatan yang sangat penting bagi wanita khususnya wanita muslimah dan wanita pada umumnya, baik remaja maupun dewasa.
Dalam strategi pemasaran secara online, kami menjadikan media social dan website untuk tempat pemasaran dan buka lapak. Untuk online, kami akan membuat sebuah official untuk melayani konsumen. Dalam pelayanan ini, kami memberikan kemudahan bagi konsumen untuk membuat reservasi sebelum datang ke salon secara langsung. Sehingga konsumen tidak perlu menunggu lebih lama saat di salon.
5.2. Kompetitor
Bisnis salon memang sudah menjamur di mana-mana. Namun, salon yang khusus ditujukan kepada kaum muslimah terbilang masih sedikit. Untuk wilayahkota Kudus sampai dengan saat ini salon muslimah masih jarang, padahal permintaan salon khusus seperti ini masih sangatbesar.
Setelah melakukan survey pada kompetitor yang ada di kudus. Mayoritas Salon tersebut menawarkan harga yang relatif mahal yang lebih tepatnya ditujukan kepada kalangan menengah ke atas saja. Namun dia juga memiliki kelebihan yang cukup menarik yaitu menawarkan beberapa paket layanan serta sudah memiliki beberapa cabang di berbagai daerah. Dan juga menawarkan usaha franchise atau waralaba kepada calon pengusaha berbagai daerah.
Analisis SWOT, sebagai berikut:
                  1.            Strength (Kekuatan)
Untuk bisnis salon muslimah ini memiliki kekuatan yang besar dalam menarik hati wanita, khususnya wanita muslimah. Di Kudus juga masih sangat jarang adanya salon khusus wanita. Jadi untuk memperoleh keuntungan yang besar sangat memungkinkan dengan bisnis salon muslimah ini.
                  2.            Weakness (Kelemahan)
Ar-Raudhoh salon muslimah ini masih kalah dengan pesaing yang sudah lama berdiri, apalagi terdapat pesaing yang sudah melebarkan sayapnya dengan menerima franchise (waralaba), sehingga memungkinkan bagi orang lain untuk membuka usaha salon muslimah yang lain dengan mudah.
                  3.            Opportuniy (Peluang)
Peluang dalam Ar-Raudhoh salon muslimah ini terletak pada kreatifnya seseorang atau khususnya anak muda dengan membuka salon muslimah dengan membeli merek atau menanamkan modalnya. Sehingga bisnis Ar-Raudhoh salon muslimah ini semakin melebar dan semakin maju.
                  4.            Threath (Ancaman)
Adanya salon kecantikan branded atau ternama yang sangat terkenal dan lebih dipercaya oleh konsumen dengan kualitas dan harga yang tinggi. 


5.3. Rencana Penjualan
Rencana penjualan pada Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini yaitu dilakukan beberapa metode promosi dan pemasaran melalui banyak media, diantaranya:
a.         Memasang iklan di surat kabar, majalah, dll
b.         Media sosial dan membuat official yang siap melayani saat jam kerja seperti facebook, instagram, line, bbm, whatsapp, dll.
c.         Pembuatan pamflet yang ditempelkan di tembok serta pohon-pohon disepanjang jalan kota kudus.
d.        Penyebaran brosur di sekolah menengah keatas, universitas yang berada di Kudus serta daerah perkantoran.
e.         Mengikuti pameran-pameran yang diadakan di Kudus dan sekitarnya.
f.          Bekerja sama dengan institusi yang mengadakan kegiatan bertemakan beauty and spa.
g.         Salles marketing, dengan cara tradisional yaitu door to door. Door to door disini berarti salles marketing mendatangi rumah-rumah dengan menunjukkan beberapa produk yang digunakan pada salon tersebut, dll.
h.         Dari mulut ke mulut.
Pada saat grand opening Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini saya menawarkan harga promosi selama 1 minggu dengan harga yang lebih terjangkau lagi dari harga normal. Tujuan diadakannya promosi ini adalah mengenalkan kepada masyarakat Kudus bagaimana salon muslimah ini beroperasi dan memberikan kualitas yang terbaik dengan harapan akan puas dengan pelayanan yang diberikan sehingga akan kembali lagi ke salon muslimah ini.
Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini dirancang dengan konsep elegant and cozy calm dengan warna dasar hijau muda yang memanjakan mata pelanggan dan di percantik lagi dengan mix shabby chic atau bunga-bunga kecil yang damai dan indah. Suasana yang dimunculkan setara dengan salon ternama, simple modernis, damai, dan berkelas. Untuk mewujudkannya, kami akan bekerja sama dengan arsitek desain interior handal untuk merancang konsep tersebut.

Untuk menunjang kenyamanan serta kepuasan pelanggan, salon ini dilengkapi dengan free wifi, ruang tunggu yang nyaman dilengkapi televise serta surat kabar atau majalah, serta parkir yang luas. Kami berharap pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang kami berikan serta menggunakan jasa salon ini kembali di lain hari.


BAB VI
RENCANA KEUANGAN
6.1.  Estimasi Biaya
No
Perlengkapan
Unit
Harga per Unit
Total
depresiasi perbulan*
Perawatan Rambut
1
Barber Chair
2
 Rp 250,000
 Rp   500,000
 Rp10,417
2
Creambath Chair
2
 Rp 350,000
 Rp   700,000
 Rp   14,583
3
Kaca Salon
2
 Rp 300,000
 Rp   600,000
 Rp  12,500
4
Meja Salon
2
 Rp 200,000
 Rp   400,000
 Rp    8,333
5
Hair Dryer
1
 Rp100,000
 Rp   100,000
 Rp     2,083
6
Clipper
2
 Rp 150,000
 Rp   300,000
 Rp     6,250
7
Clemek
2
 Rp 20,000
 Rp    40,000
 Rp        833
8
Sisir Sasak
12
 Rp    1,666
 Rp     19,992
 Rp        417
9
Sisir Potong
2
 Rp    3,000
 Rp       6,000
 Rp        125
10
Sisir Bergerigi
2
 Rp   5,000
 Rp     10,000
 Rp        208
11
Gunting Potong Lurus
2
 Rp   40,000
 Rp     80,000
 Rp     1,667
12
Gunting Gerigi
2
 Rp 40,000
 Rp     80,000
 Rp     1,667
13
Gunting Penipis
2
 Rp   30,000
 Rp     60,000
 Rp     1,250
14
Rol
12
Rp  1,666
 Rp    19,992
 Rp        417
15
Sikat Rambut
2
 Rp25,000
 Rp     50,000
 Rp     1,042
16
Handuk Kecil
2
 Rp   10,000
 Rp     20,000
 Rp        417
17
Trolley
1
 Rp 300,000
 Rp   300,000
 Rp     6,250
18
Semprotan Air
1
 Rp     5,000
 Rp       5,000
 Rp        104
19
Jepit Rambut
12
 Rp     1,000
 Rp    12,000
 Rp        250
Total
 Rp 1,832,332
 Rp 3,302,984
 Rp    68,812
Perawatan Wajah & Badan
1
 Alat Facial
1
 Rp 1,800,000
 Rp 1,800,000
 Rp   37,500
2
 Vapozone
1
Rp   500,000
 Rp    500,000
 Rp  10,417
3
 Kaca Pembesar
1
 Rp    750,000
 Rp    750,000
 Rp   15,625
4
 Pinset
2
 Rp     25,000
 Rp     50,000
 Rp 1,042
5
 Bed Facial
1
 Rp   550,000
 Rp    550,000
 Rp   11,458
6
 Home Sauna
1
 Rp  950,000
 Rp    950,000
 Rp 19,792
7
 Bath Tube
1
 Rp 1,000,000
 Rp 1,000,000
 Rp  20,833
8
 Meja Lulur
1
 Rp   500,000
 Rp   500,000
 Rp   10,417
9
 Kimono
2
 Rp    60,000
 Rp    120,000
 Rp    2,500
10
 Handuk
2
 Rp     20,000
 Rp     40,000
 Rp        833
11
 Kain Kemben
2
 Rp     30,000
 Rp      60,000
 Rp     1,250
Total
 Rp 6,185,000
 Rp 6,320,000
 Rp 131,667
Sub Total
 Rp 9,622,984
 Rp 200,479
Biaya Depresiasi per Unit sebesar 25% persen dalam jangka waktu 4 tahun. Perhitungan depresiasi menggunakan metode garis lurus*.
Depresiasi pertahun =
Harga Perolehan X Biaya Depreasiasi


Depresiasi per bulan =
Depresiasi pertahun
12

Biaya Bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:
No
Bahan-Bahan
Kuantitas
Harga per unit
Total
Bahan Perawatan Rambut
1
Shampo
5 liter
Rp     50,000
Rp   50,000
2
Conditioner
5 liter
Rp 60,000
Rp   60,000
3
Vitamin Rambut
1 liter
Rp     50,000
Rp   50,000
4
Creambath Cream
1 kg
Rp     60,000
Rp   60,000
5
Hair Mask
1 kg
Rp     60,000
Rp   60,000
6
Aromaterapi
1 lusin
Rp     60,000
Rp   60,000
Total
Rp 340,000
Bahan Perawatan Wajah dan Badan

1
Masker Emas Topeng
1 lusin
Rp   150,000
Rp 150,000
2
Mas ker Milk
1 kg
Rp   120,000
Rp 120,000
3
Masker Badan
1 kg
Rp     40,000
Rp   40,000
4
Lulur Bengkoang
1 kg
Rp     35,000
Rp   35,000
5
Lulur Aromatepi
1 kg
Rp     35,000
Rp   35,000
6
Lulur Susu
1 kg
Rp     35,000
Rp   35,000
7
Lulur Green Tea
1 kg
Rp     35,000
Rp   35,000
Total
Rp 450,000
Total Biaya Bahan-Bahan
Rp 790,000
Biaya lain-lain:
No
Keterangan
Jumlah
Harga
Total
1
Air Dan Listrik
1
 Rp120,000
 Rp   120,000
2
Transport
2
 Rp     40,000
 Rp     80,000
Sub Total
 Rp   200,000
Biaya Gaji Karyawan:

No
Keterangan
Jumlah
Gaji Perbulan
Total
1
Divisi
2
 Rp 1,400,000
 Rp    2,800,000
2
Karyawan
4
 Rp 1,000,000
 Rp    4,000,000
Sub Total
 Rp    6,800,000

6.1.  Proyeksi Pendapatan
No
Keterangan
Jumlah
Harga/Pelayanan
Jumlah
1
Potong Rambut
40
 Rp     15,000
 Rp600,000
2
Creambath
25
 Rp     30,000
 Rp    750,000
3
Hair Treatment
20
 Rp    50,000
 Rp 1,000,000
4
Hair Spa
20
 Rp    55,000
 Rp  1,100,000
5
Facial
30
 Rp   35,000
 Rp   1,050,000
6
Totok Wajah
15
 Rp    35,000
 Rp      525,000
7
Lulur
20
 Rp     60,000
 Rp   1,200,000
8
Pijat Lulur
20
 Rp    75,000
 Rp   1,500,000
9
Pijat Tradisional
15
 Rp    70,000
 Rp   1,050,000
Sub Total
 Rp  8,775,000
Untuk menghitung berapa jumlah minimal yang harus dijual supaya balik modal, perhitungan menggunakan metode BEP (break even point).
6.2.  Proyeksi Laba Rugi
Perhitungan proyeksi Laba per bulan.
Pendapatan


 Rp   8,775,000
Biaya


Bahan Baku
 Rp      790,000


Biaya Gaji
 Rp   5,200,000


Biaya lain-lain
 Rp      200,000


Biaya Depresiasi
 Rp      157,771


Rp   6,347,771
Laba Bersih


 Rp2,427,230

Jumlah minimum yang harus terjual setiap bulannya agar dapat menutup semua biaya yang dikeluarkan selama sebulan, yaitu:
Impas (unit) =
                              Biaya tetap
Harga jual persatuan
Biaya variabel per satuan
                     =
                             Rp 200, 479
            Rp 42,805
-
  Rp 38,000
                     =
42




Jika pelayanan pada Salon dalam sebulan minimal 42 pelayanan, maka usaha akan dapat menutup semua biaya yang dikeluarkan sebulan, sehingga usaha tersebut tidak mengalami kerugian.
Impas (rupiah) =
             biaya tetap

                            1-
    biaya variabel per unit

         harga jual per unit

            Rp 200,479
                         = 1-
             Rp 38,000
             Rp 42,805
                       =
            Rp 200,479
                             1-
             Rp 0,8877
                       =
            Rp 200,479
              Rp 0,1123
                       =
Rp 1,785,993

Bukti bahwa usaha menerima uang pendapatan penjualan sebanyak Rp 1,785,993 usahanya belum memperoleh laba, tetapi juga sudah tidak rugi, yaitu:
Pendapatan
42x
 Rp        42,805
 Rp              1,785,993
Biaya Variabel
42x
 Rp        38,000
 Rp              1,585,514

 Rp                 200,479
Biaya Tetap
 Rp                 200,479
Laba Bersih


                    0




Untuk menghitung berapa persen pengembalian Aset tetap yang digunakan untuk Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini, kami menggunakan perhitungan ROI (Return of Investement), sebagai berikut:
 ROI : Laba Operasi / Aktiva Operasi
 ROI : Rp 2,427,230 / Rp 9,622,984
 ROI : 0,25 = 25%

Jadi, itu berarti dalam 1 bulan sudah menutup modal sebanyak 25%, dan kami membutuhkan waktu 4 bulan untuk balik modal seluruhnya. 

BAB VII
PENUTUP
7.1. Kesimpulan
Ar-Raudhoh Salon Muslimah merupakan inovasi baru dari salon-salon yang sudah ada. Salon muslimah ini menawarkan beberapa pelayanan, mulai dari perawatan rambut, wajah hingga tubuh. Perbedaan dengan salon yang lain yaitu salon ini dikhususkan hanya untuk wanita muslimah saja dan wanita pada umumnya, mulai dari remaja hingga dewasa. Hal ini membantu wanita muslimah untuk tidak berbaur dengan laki-laki ketika di tempat umum, untuk kasus ini yaitu di salon, sehingga memudahkan wanita muslimah tersebut dapat secara bebas membuka hijab atau jilbabnya tanpa rasa cemas dan rasa nyaman.
Salon Ar-Raudhoh dapat dijadikan sebagai solusi untuk para wanita muslimah yang kesulitan mencari salon khusus wanita saja. Selain untuk kecantikan, salon ini juga mengingatkan akan kesehatan yang menjadi prioritas. Kami memberikan free konsultasi kepada pelanggan, sehingga akan diberikan pelayanan yang terbaik bagi masing-masing pelanggan. Salon ini juga memiliki keunggulan tersediri dengan menggunakan bahan-bahan tradisional karena dipercaya memberikan hasil yang sangat bagus, tetapi tidak menutup kemungkinan juga menggunakan bahan modern mengikuti zaman.
7.2. Potensi Usaha
Usaha bisnis Ar-Raudhoh Salon Muslimah ini mempunyai prospek yang sangat baik, peneliti kecantikan dan kesehatan juga tidak meragukannya lagi bahkan untuk beberapa tahun kedepan. Dikarenakan semua wanita ingin selalu tampil cantik, khususnya bagi muslimah mengingat negara Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas agama Islam.
Harapan kami yaitu semoga banyak orang yang terinspirasi dengan adanya Ar-Raudhoh Salon Muslimah, sehingga mampu menciptakan usaha yang unik sekaligus kreatif yang dibutuhkan banyak orang serta dapat membuka lapangan kerja baru, baik dalam industri yang sama maupun industri yang lain.

Lampiran-Lampiran
Banner Usaha








3 komentar:

  1. Bagi kalian yang tinggal di medan/binjai. Jangan lupa yuk mampir
    salon kecantikan Ada banyak promo menarik nih sis :)

    BalasHapus
  2. Artikelnya sangat bermanfaat. Terima kasih gan!

    Jangan lupa mampir gan ke salon kecantikan wanita

    BalasHapus
  3. terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat.. semoga kedepannya bisa terus membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang...

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll